Friday 28 July 2017

And the RR begins: Souvenir, Seserahan, dan Mahar

Seperti yang gue bilang di postingan sebelumnya yaitu the RR begins: Makeup dan Wedding Attires, di postingan The RR begins kali ini akan membahas gimana gue dan pasangan memilih souvenir dan seserahan. Dan selain dua hal itu, gue juga akan memasukkan mahar gue yang pengerjaannya juga ga jauh beda dengan pengerjaan seserahan.

1. Souvenir: Toiletry / Makeup Pocket

Banyak hal yang bisa dijadiin souvenir, seperti gelas, pajangan, dompet, sampe kertas surat pernah gue dapetin dari acara resepsi orang-orang. Dan gue yakin, seperti kebanyakkan pasangan pada umumnya, milih souvenir itu juga agak membingungkan. Pasti pengennya yang bagus, kalo yang pihak cewe pasti pengennya yang girly, dan lain sebagainya. Nah disini, gue mau berbagi ide gue ketika gue memutuskan memilih souvenir.

Jujur aja, gue dulu kepengen banget kasih souvenir berupa taneman. Karena kan lumayan kalo undangan gue jadi nanem-nanem di rumah mereka masing-masing. Tapi sayangnya pasangan gue kurang setuju :( Katanya ga bakalan kepake, nanti dibuang, bawanya susah. Jadi lah kami mikirin ide lain apa yang kira-kira bagus, bermanfaat, dan praktis.

Pilihan kami jatuh kepada toiletry pocket. Alasannya adalah:

a. Gue suka sama perjalanan. 
Dan di setiap perjalanan, pasti yang gue perlu pertama kali adalah tempat toiletries (tempat sabun muka, botol sampo, dan alat makeup yang ringkas). Kegemaran gue terhadap perjalanan jarak jauh pun gue tuang kedalam design undangan gue, yang tentu aja bakal gue bahas di postingan berikutnya.

b. Unisex
Souvenir kayak gini bisa unisex, dipake siapa aja baik cewe maupun cowo. Jadi ga akan terlalu girly, juga ga akan terlalu boyish. Yang dateng ke nikahan gue kan belom tentu pasangan, bisa cewe sendiri, bisa cowo sendiri. Kalo gue kasih yang terlalu gemez, akhirnya kebuang gitu aja kan.

c. Bisa terpakai setelahnya
Nah kalo ini targetnya partner gue. Dia mau souvenirnya pasti kepake sama yang nerima. Setelah muter-muter cari ide, akhirnya diputuskanlah toiletry pocket.

Ini dia souvenirnya. Photo by FR photo.

Ini tampak dalemnya. Gue pake buat pocket makeup.

Jadi kami cari-cari ide design nya di Pinterest, terus kami modifikasi sesuai selera kami. Selanjutnya kami cari orang yang bisa bikinin. Nah kebetulan karena kakak gue sekarang berbisnis jahit menjahit, jadi proyek ini dilimpahkan ke kakak gue, namanya toteti handmade. (ig: toteti.handmade). Untuk harga pun bisa disesuaikan sama permintaan kita.

Btw, saking gue pengen nyelipin tema jalan-jalan, ucapan terima kasihnya pun ga gue tulis terima kasih, melainkan pesan supaya kalo lagi traveling tetep bisa jaga daerah wisata dan ga ngalay (contoh: ngerusak daerah setempat/properti, atau nyampah, selfie sampe ngeganggu pengunjung lain). Dan gue memutuskan untuk ga ngebungkus souvenirnya dengan alasan zero plastic.

Oke, kita lanjut ke....

2. Seserahan

Buat gue, seserahan adalah bagian yang tingkat memusingkannya berada di posisi ketiga setelah baju dan rundown. Awalnya gue dan partner sepakat ga pake seserahan. Kalopun pake, cukup pake simbol emas aja. Buat ngurangin kepusing-pusingan kami beserta keluarga. 

Tapi terus ibu dari partner sempet ga sreg kalo ga ada seserahan. Ya wajar sih, beliau orang Jawa tulen, Solo, dan alasannya kenapa beliau kepengen ada seserahan juga baik.. Tapi setelah dikasih pengertian, ibu pun setuju gausah pake seserahan.

Nah terus, tiba-tiba si mama yang gantian mau ada seserahan. Soalnya akadnya diganti di rumah, dan katanya kurang pas aja kalo ga ada seserahan. Gue udah bete sih ini. Berubaaah mulu. Dan gue kurang suka aja sama seserahan2 ini. Karena poinnya adalah gue gatau apa yang harus dibeli -______-.

Oke, singkat cerita akhirnya kami fix pake seserahan. Gue googling cari referensi apa yang harus dijadiin seserahan, apa filosofi seserahan. Dan inti yang gue tangkep adalah, seserahan merupakan barang-barang yang kelak akan diperlukan oleh perempuan setelah berumah tangga. Ada pula pengertiannya dianggap sebagai hadiah untuk si perempuan, yang biasanya berkaitan dengan hobi atau kesukaannya. Ada juga yang nulis, kalo jawa harus pake bawa dodol dan sebagainya.

Karena gue bener-bener ga punya ide apa yang bisa dijadiin seserahan, maka gue putuskan: seserahan adalah sesuatu yang pasti gue pake, sesuatu yang gue suka, dan lupakan segala anjuran-anjuran yang menyimpang dari dua point sebelumnya.

Btw, selain isi dari seserahannya, hal lain yang menyita waktu gue adalah dekorasi seserahannya itu sendiri. Gue terlalu detail untuk urusan hiasan ini. Gue ga mau ngehias di Mayestik, gue mau seserahan gue rustic, tapi gue yang harus dekor sendiri. I want my very own wedding to be my own work gitu loh. Kecuali urusan rundown ya :s

Berikut ini adalah list seserahan gue beserta hasil dekorasi gue:

Box 1 - Sepatu dan tas
Karena gue suka sepatu dan gue perlu tas kecil.


Box 2 - Piyama dan kaos kaki
Menurut gue rasanya aneh kalo naro daleman apalagi lingerie di kotak seserahan. Apapun alasannya deh :s. Jadi gue memilih untuk masukkin piyama dan kaoskaki aja daripada daleman.

Yang ngehias temen gue, @sarahgiani

Box 3 - Alat mandi
Karena gue suka wewangian lulur dan scrub dan emang gue keseringan mandi pake lulus karena ga bisa mandi pake sabun mandi yang keset (pasti langsung bruntusan).
Ini dihias berdua, gue dan temen gue si @sarahgiani


Box 4 - Buku
Setelah yang lain kebeli, gue masih ada sisa budget sekitar 500ribu, sedangkan gue gatau mau beli apa lagi. Disuruh beli makeup, gue ga makeupun, jadi malah mubazir. Lagipula makeup dengan budget 500ribu juga paling cuma dapet satu paket kecil. Mau dibeliim baju, buat apaan baju gue udah menuhin lemari. Mau dibeliin kamera, wqwq ga cukup lah. Yaudah, akhirnya kami ngebelanjain sisa uangnya buat buku.
Setelah berbagai macam model dan tumpukkan, akhirnya disusun begini

Box 5 - Perhiasan dan emas batangan
Sebetulnya ini yang pertama dibeli, karena emang niatnya mau belanjain seserahan dalam bentuk emas doang. Gataunya diakhir cerita jadi pake barang lainnya.
Nah ini full 100% dekorasi di tangan gue. 
Dan sejak itu, gue menerima pesanan dekorasi kotak cincin. Harga dibandrol mulai dari Rp. 150.000,- , tapi semua disesuaikan sama design dan keinginan customer. Kalo mau info lebih lanjut bisa dm gue di IG (rarafatima) atau email ke rarafatima@gmail.com ya. *winkwink* :">

Dan ini mas kawin gue:
a. Seperangkat alat solat
Juga dihias sendiri
 b. Cincin nikah
Wedding ring bearer 100% handmade nya gue. kalo ada yang minat, perlu ngehias wedding ring bearer yang sesuai kesenangan hati bisa pesen ke gue ya :)


Itu dia detail souvenir dan seserahan gue. Semoga bisa membantu teman-teman dalam mencari ide saat mau menikah ya :). Sekali lagi, kalo ada yang berminat pesan wedding ring bearer sesuai budget dan tema kalian, just contact me yaa:>

Berikutnya, gue bakal nulis tentang design undangan ya. Undangan gue adalah salah satu bagian yang paling gue suka :""") Karena bentuknya macam boarding pass, warnanya broken white, dan vendor gue bener2 mewujudkannya dengan baik dan sabar!

No comments:

Post a Comment