Monday 24 July 2017

The RR begins: Makeup dan Wedding Attires

Ini adalah post lanjutan dari The RR begins: venue dan catering sebelumnya. Di post kali ini yang akan dibahas adalah MUA dan baju yang gue pake saat akad dan resepsi.

1. MUA, Jilbab stylist, dan Kebaya Akad Nikah

Oiya, sebelumnya gue mau kasih tau kalo akad nikah gue dilangsungkan di hari yang berbeda dengan hari resepsi, dan diadakan di masjid deket rumah gue dengan hanya disaksikan oleh keluarga besar kedua belah pihak. Eksekusi ini berubah dari rencana awal dimana tadinya akad dan resepsi dilakukan di hari yang sama di Patra Jasa. Perubahan ini karena beberapa alasan, salah satunya memudahkan kepengurusan ijin menikah. Selanjutnya, acara ramah tamah diadakan di rumah dengan hanya menyewa tenda dan photo booth kecil hasil kreasi sendiri dengan sahabat gue: Sarah (bakal gue bahas di postingan-postingan berikutnya).

Kalo udah baca postingan gue sebelumnya, gue udah jelasin disitu bahwa sistemnya Nendia adalah paketan. Jadi one payment for all, termasuk sanggar, musik, dll. Nah, untuk setiap adat pun Nendia punya listnya sendiri yang beda-beda. Untuk jawa ada sendiri, untuk minang ada sendiri. Setelah mendapatkan list, gue ngecek review orang terkait dengan masing-masing sanggar. Pun gue tanya ke mba Rina, mana sanggar yang dia rekomendasiin dan mba Rina menyarankan sanggar Yuniskha (ig: Yuniskha). Ini kontaknya Uni Iva: 081398823171. Alasan mba Rina ngerekomendasiin sanggar ini adalah karena menurut do'i. Uni Iva itu mau dan sabar dengerin permintaan customer nya.

Awalnya, gue pake sanggar Yuniskha (ig: yuniskha) untuk MUA akad dan resepsi. Namun karena adanya pergantian hari, gue harus nambah biaya lagi untuk MUA, kalau mau MUA nya didatengin ke rumah gue. Setelah menimbang-nimbang, gue akhirnya pake jasa MUA nya tetangga gue, a.k.a kak Mayanda. Ini kontak line nya: mayandanabila ; ig: mayandamakeup.

Hasil makeup nya kak Mayanda untuk akad nikah gue.

Semua itu sebetulnya tergantung selera ya. Tapi untuk gue, gue cenderung bawel untuk makeup. Gue gamau dipakein makeup yang bikin muka gue berubah banget jadi orang baru. Gue juga gamau dipakein eye liner bawah mata, gamau cukur alis apalagi cukur rambut di muka gue yang beserak (makanya berusaha keras menghindari adat jawa), gamau dipakein bulu mata palsu berlapis-lapis, gamau alis yang tebel-tebel, cukup ngikutin alis yang udah ada. Dan semua itu di dengerin sama ka Mayanda :").

Menurut tante gue, makeup nya bagus, modern, ga kayak makeup jaman dulu yang kayak cat putih katanya. Tapi ada juga yang bilang makeupnya kurang manglingi. Tapi ya balik lagi, emang gue gamau manglingi.

Akad nikah dimulai jam 8, jadi gue mulai dimakeup ba'da subuh. Secara rumah ka Mayanda dan rumah gue berjarak 5 jengkal, jadi ga ada yang dikhawatirin dia dateng telat dsb.

Untuk jilbab dan hiasannya, ka Mayanda ga ikut megang, tapi dia yang memilihkan stylistnya. Dan stylistnya adalah Iren (ig: adeiren_makeup). Total keduanya Rp. 1.5 jt. Hasilnya ya seperti yang bisa diliat di foto :).

Jilbab styled oleh adeiren_makeup. Sumber: Koleksi pribadi, difoto oleh FR Photo

Jilbab styled oleh adeiren_makeup. Sumber: Koleksi pribadi, difoto oleh FR Photo
Nah, untuk kebayanya gue tetep nyewa di Yuniskha. Ini baju kebaya penuh drama banget sih. Dari yang awalnya mau bikin sendiri, ga mau pake kebaya, eh ujung-ujungnya nyewa juga. Soalnya kalo dipikir-pikir, baju akad cuma dipake sekali seumur hidup. Yakin deh gamau pake baju akad di acara lain, karena ga akan rela. Dikasih ke anakpun, yakin mereka ga akan mau pake, pasti mau pake yang baru, yang ga berdebu.

Kebaya disewa dari Yuniskha. Sumber: Koleksi pribadi, difoto oleh FR Photo
Sepasang baju akad dari Yuniskha. Sumber: Koleksi pribadi, difoto oleh FR Photo

Gue lupa-lupa inget, kalo ga salah harga sewanya per pasang itu Rp. 1.5 jt, tapi waktu gue bayar pas lagi ada promo. Jadi cuma kena 1 jt/pasang.

2. MUA dan Wedding Attire untuk Resepsi

Ini juga ngalamin perubahan. Kalau soal pilihan, kami memang udah sepakat cuma mau pake adat Koto Gadang, karena memang keluarga besar bokap berasal dari sana. Dan satu-satunya adat minang yang ga pake Suntiang itu ya cuma Koto Gadang, dan yang dipake adalah Tilakuang (kerudung panjang). 

Pertama kali kami liat-liat koleksi Yuniskha, ternyata sanggar ini ga punya banyak pilihan baju adat Koto Gadang, tapi lebih banyak Padang nya. Nah gue tadinya mau modifikasi baju kurung warna broken white, dipadukan sama Tilakuang warna kuning. Cuman semakin mendekati hari H, kami makin bimbang. Nyokap terutama, sungkan sama Datuk-datuk kalo baju nya ga sesuai sama adat. Di Koto Gadang pilihan warna juga harus sesuai, ga boleh sembarangan. 

Akhirnya, kami pakai baju adat Koto Gadang dari sanggar Tante gue sendiri, ini kontaknya: Tante Zelda Rezialdi: 08129001757 / 0818675689 / 021 91528590 .

Tante Zelda itu punya pilihan lengkap untuk Koto Gadang, baik yang cocok untuk akad, maupun buat resepsi. Harga sewanya kalo ga salah Rp. 2.5 jt/pasang. 

Sepasang baju Koto Gadang. Sumber: Koleksi pribadi, difoto oleh FR Photo

Lengkap dengan semua aksesoris khasnya. Sumber: Koleksi pribadi, difoto oleh FR Photo

Detail. Sumber: Koleksi pribadi, difoto oleh FR Photo

Detail. Sumber: Koleksi pribadi, difoto oleh FR Photo
Bagus ga? Engga ya? Tapi bagus banget :"""""""""""""").

Berasa cakep banget w.

Kalau makeup, gue tetep pake Yuniskha, karena Tante Zelda ga nyediain jasa makeup, beliau cuma menjual dan menyewakan bajunya aja.

Berikutnya gw bakal bahas souvenir dan seserahan yaa.

1 comment:

  1. dear capeng yang mau menikah tp bingung cari gedung HIS GRAHA ELNUSA hadir utk anda, dg ALL in package , NO RIBET, semua kita yg urus..kalian tinggal duduk manis, package include
    -GEDUNG
    -CATERING
    -DEKORASI
    -RIAS & BUSANA
    -PHOTO&VIDEO
    -PROMO CASHBACK!!
    -etc..

    luxury place with affordable price
    hub. marketing his 081319797403 (VISKA)

    ReplyDelete